NEWS & UPDATES

5 Hal Ini Bisa Jadi Penyebab Kenapa Kulit Wajah Kering

17 Juni 2019 , Posted by Admin

Artikel ini sudah di tinjau dan Revisi oleh Dra Med Linda Rahadian MM, MBiomed

kulit kering

Coba perhatikan kulit wajah Anda, apakah terasa kasar, gatal, pecah-pecah, bahkan terlihat mengelupas? Wah, kemungkinan kulit wajah Anda termasuk kering. Apabila dibiarkan, kulit wajah Anda bisa terlihat kusam hingga akhirnya berpengaruh pada kepercayaan diri Anda. Untuk itu kenali beberapa hal berikut yang bisa jadi penyebab kenapa kulit wajah kering.

Nah, untuk mengatasinya, Anda perlu mengetahui kemungkinan alasan kenapa kulit wajah kering. Mari simak penjelasannya di bawah ini!

Baca Juga : Beberapa Cara Memilih Suplemen Kulit Yang Bagus

Berada di bawah paparan sinar matahari terlalu lama

Radiasi sinar UV merupakan salah satu musuh terbesar kulit wajah Anda. Jadi, apabila sehari-harinya Anda sering beraktivitas di luar ruangan, bisa jadi paparan sinar matahari inilah yang menjadi alasan kenapa kulit wajah kering. Tidak hanya memicu timbulnya garis-garis halus, radiasi sinar UV juga bisa menyebabkan kulit wajah Anda jadi kering dan pecah-pecah. Bahkan dalam kondisi yang lebih parah, paparan sinar matahari yang terlalu lama dapat memicu kanker kulit.

Lalu, apakah ini artinya Anda harus berada di dalam ruangan setiap hari? Hal ini tentu tidak mungkin, apalagi jika pekerjaan mengharuskan Anda untuk berada di luar ruangan. Kuncinya adalah rajin menggunakan tabir surya atau sunblock setidaknya 10-15 menit sebelum Anda keluar ruangan. Produk skincare satu ini akan memberikan perlindungan kepada kulit wajah dari paparan langsung sinar matahari.

Terlalu sering menggunakan obat jerawat

Tidak ada orang yang ingin memiliki wajah berjerawat. Saat muncul jerawat pada kulit wajah, biasanya mereka akan menggunakan krim atau salep untuk mengatasinya. Apakah Anda juga melakukan hal yang sama? Walaupun cukup ampuh mengatasi jerawat, obat jerawat seperti ini ternyata mengandung asam glikolat, retinol, benzoil peroksida, dan asam salisilat yang bisa membuat kulit jadi kering. Jadi, sebaiknya mulai kurangi intensitas pemakaiannya, cukup 2-3 hari sekali.

Melakukan scrubbing terlalu keras

Scrubbing sebetulnya berperan cukup penting dalam mengangkat sel-sel kulit mati sehingga membuat kulit wajah Anda terlihat lebih cerah. Namun, hal ini juga bisa menjadi alasan kenapa kulit wajah kering jika dilakukan terlalu keras atau sering. Pada kulit wajah Anda justru bisa muncul dry patches, terutama di bagian atas pipi yang lebih rentan kering.

Namun, bukan berarti Anda harus berhenti melakukan scrubbing. Cukup kurangi saja intensitasnya. Misalnya, jika selama ini Anda melakukan scrubbing sebanyak tiga kali dalam seminggu, kurangi hingga dua atau satu kali saja. Lalu, saat scrubbing, pastikan untuk tidak menggosok kulit wajah terlalu keras.

Perubahan cuaca yang cukup ekstrem

Alasan kenapa kulit wajah kering bisa juga disebabkan oleh perubahan cuaca, apalagi jika kondisinya cukup ekstrem. Terjadinya perubahan cuaca ternyata berpengaruh terhadap tingkat kelembapan udara. Saat tingkat kelembapan udara menjadi terlalu rendah, maka kulit wajah Anda pun jadi lebih kering dari biasanya. Kunci untuk mengatasinya adalah dengan rajin menggunakan produk pelembap atau moisturizer yang sesuai dengan kondisi kulit wajah Anda.

Salah pemakaian pelembap wajah

Pelembap merupakan salah satu produk skincare yang wajib digunakan secara rutin oleh pemilik kulit wajah kering. Namun, apabila kulit wajah Anda tetap kering, bisa jadi ada yang salah dalam pemakaian pelembap wajah. Agar manfaat pelembap bisa bekerja secara maksimal, Anda disarankan menggunakannya saat kulit wajah masih dalam keadaan lembap atau sesaat setelah mandi. Jadi, jangan terlalu lama menunggu hingga kulit wajah benar-benar kering, ya.

Alasan kenapa kulit wajah kering memang cukup beragam, tetapi hal-hal tersebut bisa diatasi dengan meningkatkan asupan kolagen pada kulit wajah. Kolagen bisa membantu membuat kulit wajah Anda jadi lebih lembut dan kenyal sehingga meminimalisir tanda-tanda penuaan.

Anda bisa memenuhi asupan kolagen dengan mengonsumsi Beauty Enhancer dari Protico, yang juga dilengkapi vitamin E, C, dan ZINC. Kunjungi www.portico.co.id untuk mendapatkan informasi lebih lanjut!