NEWS & UPDATES

Apa Itu Kolagen? Apa Saja Kegunaan Kolagen Bagi Tubuh

18 Februari 2019 , Posted by Admin

Artikel ini sudah di tinjau dan Revisi oleh Dra Med Linda Rahadian MM, MBiomed

Apa Itu Kolagen? Apa Saja Kegunaan Kolagen Bagi Tubuh

Akhir-akhir ini kolagen cukup populer terutama digunakan sebagai komponen pembuat produk perawatan tubuh seperti pelembap kulit. Namun, sedikit yang tahu apa sebenarnya kolagen dan apa saja kegunaan kolagen bagi tubuh.

Apa Itu Kolagen?

Kolagen merupakan salah satu bentuk protein tak larut yang diproduksi di dalam tubuh dalam jumlah berlimpah. Protein tak larut ini memiliki peran layaknya perekat atau lem yang merekatkan satu struktur dengan struktur lainnya sehingga menjadi satu kesatuan. Kolagen bisa ditemukan di ligamen, otot, tulang, kulit, pembuluh darah, gigi dan kornea mata.

Kolagen diproduksi tubuh sampai berusia 20 tahun. Setelah itu, kadar kolagen dalam tubuh akan menurun sedikit demi sedikit sehingga Anda bisa merasakan perbedaannya. Sebagai contoh, mulai munculnya keriput, sendi yang sering sakit, pandangan mata yang mulai berkurang kemampuannya dan lainnya. Itu sebabnya direkomendasikan untuk mengonsumsi makanan yang mengandung kolagen demi mengoptimalkan kegunaan kolagen. Lalu, apa saja manfaat dari kolagen tersebut? 

  • Meningkatkan Kesehatan Kulit

Berkurangnya kolagen berdampak pada rambut dan kulit. Peningkatan produksi kolagen akan membantu kulit terasa lebih kencang, lebih halus, lebih elastis dan membantu memperbaiki sel-sel kulit yang rusak. Menurut penelitian, penggunaan sebanyak 2,5 – 5 grams per hari selama delapan minggu oleh perempuan berusia 35 sampai 55 tahun menunjukkan perubahan yang signifikan pada kondisi kesehatan kulit mereka. Kulit menjadi lebih elastis, tak terasa kering dan lebih lembap hampir tanpa efek samping. Hal ini tentu membuat kolagen menjadi salah satu bahan produk perawatan kulit alami terbaik yang ada di dunia.

Bagi Anda yang memiliki masalah selulit atau stretch marks, kolagen bisa jadi solusinya. Ketika kulit kekurangan kolagen, maka elastisitasnya berkurang dan selulit pun tampak lebih jelas. Dengan mengonsumsi makanan maupun suplemen berkolagen, sama saja mengembalikan kekencangan kulit dari dalam dan tampilan selulit pun akan berkurang.

  • Mengurangi Nyeri Persendian

Sendi yang terasa nyeri saat bergerak bisa menjadi pertanda berkurangnya kadar kolagen dalam tubuh. Ketika kolagen berkurang, otot tubuh dan ligamen akan terasa kaku, sering mengalami memar di persendian bahkan gerakan sendi terasa kurang mulus. Dengan adanya kolagen yang membungkus persendian dan otot, gerakan tubuh pun terasa lebih mulus tanpa rasa nyeri.

Ibaratnya, persendian yang kekurangan kolagen seperti engsel pintu yang kekurangan minyak sehingga selalu berderak ketika digerakkan. Hasil penelitian baru-baru ini menyatakan kegunaan kolagen diantaranya membantu persendian bergerak lebih mudah, mengurangi nyeri akibat penurunan fungsi sendi, bahkan sangat efektif digunakan untuk mengobati osteoarthritis dan penyakit persendian lainnya.

Hasil penelitian menunjukkan bahwa konsumsi suplemen berkolagen oleh penderita rheumatoid arthritis ternyata mampu mengurangi nyeri akibat pembengkakan persendian. International Journal of Medical Sciences menemukan bahwa penderita nyeri sendi yang menjalani perawatan menggunakan 2 tipe kolagen mampu menunjukkan perkembangan positif. Perkembangan positif tersebut tampak di aktivitas sehari-hari seperti menaiki tangga, tidur lebih mudah dan perbaikan positif di area kehidupan lainnya sehingga turut meningkatkan kualitas hidup secara keseluruhan.

  • Meningkatkan Metabolisme, Massa Otot dan Energi

Kegunaan kolagen lainnya yakni meningkatkan metabolisme tubuh. Manfaat ini bisa Anda rasakan jika mengonsumsi kolagen bersama dengan vitamin dan nutrisi lainnya. Mengonsumsi kolagen bersama dengan vitamin C membuat tubuh lebih mudah mengubah kolagen menjadi bentuk protein lainnya yang lebih berguna. Dalam jangka panjang, mengkonsumsi kolagen membantu penyimpanan energi dalam otot dan meningkatkan vitalitas tubuh.

  • Menguatkan Rambut, Gigi dan Kuku

Kekurangan kolagen berdampak pada kekuatan rambut berkurang atau kuku dan gigi yang rapuh. Untuk mengatasinya, Anda bisa menambahkan makanan berkolagen ke dalam menu diet Anda sehari-hari atau mengonsumsi suplemen berkolagen. Dengan begitu, kolagen akan mengembalikan kekuatan rambut, gigi dan kuku. Publikasi dari Journal of Investigative Dermatology mengungkapkan bahwa kolagen berpotensi menjadi terapi yang baik bagi penderita penyakit kulit maupun kerontokan rambut.

  • Meningkatkan Kinerja Liver

Apabila Anda mencari alternatif untuk melakukan detoks, meningkatkan peredaran darah dan menjaga kesehatan jantung, cobalah mengonsumsi kolagen. Glycine terkenal mampu mengurangi dampak kerusakan hati karena terlalu banyak menyerap racun, kotoran atau alkohol. Dengan mengonsumsi makanan kaya kolagen, kerusakan hati yang lebih parah pun bisa dihindari.

  • Menyembuhkan Luka dan Cedera

Jaringan kulit yang luka bisa diperbaiki dengan mengonsumsi kolagen. Kegunaan kolagen lainnya yakni membantu pembentukan jaringan ikat yang mendukung perkembangan kulit, persendian, otot serta memperkuat struktur tulang, urat, ligamen dan tulang rawan. Itu sebabnya sering dianjurkan mengonsumsi suplemen yang mengandung kolagen demi mempercepat pemulihan cedera otot akibat berolahraga.

  • Meningkatkan Peredaran Darah

Kolagen juga memiliki kemampuan memperbaiki dan memperkuat struktur pembuluh darah sekaligus meningkatkan elastisitasnya. Kolagen membantu kinerja pembuluh darah dalam mengalirkan darah dari dan menuju jantung lebih mudah. Apabila peredaran darah lancar, maka oksigen dan nutrisi bisa terkirim ke sel-sel kulit sehingga membuat kulit tampak lebih bercahaya, sehat dan awet muda.

  • Mengatasi Masalah Pencernaan

Sering mengalami masalah pencernaan seperti leaky gut atau penyakit Crohn? Cobalah mengonsumsi makanan maupun suplemen berkolagen. Kolagen mampu membantu melancarkan sistem pencernaan dan melumasi perut. Kolagen juga berperan menjaga organ pencernaan dari penyakit maupun kondisi yang merusak.

Masih banyak lagi kegunaan kolagen lainnya seperti membantu mengendalikan nafsu makan, mengurangi lemak hormonal di perut, mengurangi keinginan mengonsumsi gula serta menekan nafsu makan berlebihan. kolagen juga bisa membantu Anda tidur lebih nyenyak sehingga cocok dikonsumsi bagi Anda yang memiliki masalah kesulitan tidur nyenyak. Ternyata kolagen banyak manfaatnya sehingga mengonsumsi kolagen bisa mendukung kesehatan tubuh yang cenderung menurun termakan usia.

Baca Juga : Kolagen, Protein Tubuh yang Menjaga Kesehatan dan Kecantikan Kulit

Banner Portico Indonesia