NEWS & UPDATES

Fungsi Kolagen Untuk Kulit Dan Kesehatan

8 November 2018 , Posted by Admin

Artikel ini sudah di tinjau dan Revisi oleh Dra Med Linda Rahadian MM, MBiomed

Collagen Drink Beauty Enhancer

Pada kenyataannya kolagen tidak saja memberikan manfaat pada kulit, karna kolagen juga memberikan manfaat lain. Sebenarnya kolagen juga berperan dalam menigkatkan sirkulasi darah, meringkan nyeri rematik dan lainnya. Namun pada artikel kali ini hanya akan dibahas fungsi kolagen untuk kulit.

Fungsi kolagen untuk kulit sangatlah banyak. Salah satu fungsi kolagen untuk kulit ialah membantu bagian-bagian yang ada dalam tubuh agar melekat dengan sempurna. Hal ini membantu agar kulit tetap kencang layaknya kulit yang banyak diidamkan oleh banyak orang khususnya wanita.

Proses Pembentukan Kolagen dalam tubuh

Di dalam kulit, terdapat sejumlah sel khusus dan menghasilkan molekul mini disebut pro kolagen dengan mengolah vitamin C dan protein yang telah diserap oleh tubuh. Selama proses produksi, masing-masing molekul ini saling menempel dengan satu sama lain dan membentuk fibril.

Fibril adalah helai-helai tipis terbuat dari mineral dan vitamin yang menyerupai serabut benang. Fibril kemudian bertumbuh kembang dan berubah menjadi serat yang menempel pada sel kulit, berfungsi layaknya jangkar. Setelah serat-serat ini terbentuk dan berlabuh dengan benar, fibril kemudian bekerja mendukung struktur kulit dan memberikan sifat elastisitas khasnya.

Begitulah proses terbentuk kolagen, jadi Kolagen juga dapat diartikan merupakan jenis protein yang cukup banyak jumlahnya di dalam tubuh. Persentase kolagen di dalam tubuh mencapai 75% hingga 80%. Protein yang berasal dari kolagen bisa ditemukan hampir di seluruh bagian tubuh seperti kulit, jaringan ikat dan tulang.

Seperti yang diketahui untuk menjaga elastisitas kulit harus membutuhkan banyak vitamin yang baik bagi tubuh terutama kulit seperti vitamin C dan E. Dan disini kolagen memberikan manfaat tambahan yang menjaga agar kulit tetap kencang. Kekurangan protein ini dapat menyebabkan penuaan dini.

Gaya hidup sangatlah memengaruhi elastisitas kulit, kulit perempuan yang sangat sensitif terhadap paparan sinar matahari serta radikal bebas. Untuk mengetahui lebih banyak tentang manfaat kolagen bagi kulit simak ulasan berikut ini.

Fungsi utama kolagen

Fungsi utama kolagen adalah untuk membantu bagian-bagian yang ada di dalam tubuh agar melekat secara sempurna seperti layaknya sebuah lem. Untuk embantu kulit kembali ke posisi semula setelah diregangkan dan melekatkan antara tulang dan otot.

Kolagen mempengaruhi elastisitas kulit, melindungi organ tubuh, memberi bentuk pada tendon dan otot serta mempertahankan bentuk otot dan tulang.

Kolagen memiliki fungsi yang cukup penting untuk menjaga kekuatan struktur tulang. Pada dasarnya jenis protein ini dapat diproduksi secara mandiri oleh tubuh, meskipun kapasitas produksinya akan menurun seiring dengan bertambahnya usia. Selain itu, kolagen juga dapat berasal dari luar tubuh seperti suplemen, makanan maupun produk krim kulit.

Fungsi kolagen untuk kulit

Selain fungsi utama diatas, masih banyak lagi fungsi kolagen untuk kulit dan kesehatan, diantaranya yaitu:

Menyamarkan Tanda-Tanda Penuaan

Pada dasarnya sebagian besar manfaat kolagen akan dirasakan pada kulit. Baik kulit tubuh maupun kulit wajah. fungsi kolagen untuk kulit yang pertama adalah menyamarkan tanda-tanda penuaan. Kolagen dapat bekerja untuk meningkatkan elastisitas kulit, membuatnya menjadi tampak lebih sehat dan muda.

Seiring bertambahnya usia, biasanya kulit akan mulai mengendur dan terdapat kerutan. Hal ini dikarenakan jumlah produksi kolagen yang semakin berkurang seiring penambahan usia. Biasanya kulit juga akan terlihat lebih kering saat kekurangan kolagen.

Untuk mengatasi hal ini biasanya kebanyakan orang menggunakan produk perawatan kulit yang banyak mengandung kolagen. Tujuannya adalah untuk menggantikan jumlah kolagen yang berkurang akibat pertambahan usia.

Mempercepat Proses Penyembuhan Luka

Kolagen juga memiliki fungsi untuk menyembuhkan luka di kulit dan mempercepat prosesnya. Kolagen akan bekerja untuk mendorong pertumbuhan jaringan baru di dalam kulit sehingga proses penyembuhan luka dapat terjadi dengan lebih cepat.

Jenis luka yang dapat diatasi lebih cepat dengan pemberian kolagen adalah luka bergranula (permukaan yang tidak rata), luka membusuk atau jenis luka lainnya yang disertai dengan kematian jaringan serta luka bakar derajat 2. Beberapa jenis luka kronis yang tidak membaik dengan jenis pengobatan lain juga dapat diatasi dengan pemberian kolagen.

Mengurani Tampilan Selulit Pada Kulit

Dan yang terakhir, kolagen dapat mengurangi tampilan selulit yang pada kulit. Selulit merupakan gumpalan-gumpalan kecil yang ada di permukaan kulit. Selulit sering kali ditemukan pada kulit bokong, paha dan juga pinggul. Hal ini dikarenakan adanya dorongan lapisan lemak dari jaringan ikat yang ada di bawah kulit.

Meski tidak tergolong pada gangguan kulit yang membahayakan, sering kali selulit membuat pemiliknya merasa tidak percaya diri. Memperbaiki tekstur kulit dan membuat kulit kembali terlihat mulus merupakan salah satu fungsi kolagen untuk kulit.

Seiring pertumbuhan umur makan kemampuan tubuh dalam menghasilkan kolagen pun juga menurun. Hal ini lah yang secara alami akan dapat memunculkan bagian-bagian keriput pada kulit. Ini memang proses alami yang artinya dapat terjadi pada siapa saja. Namun berusaha tampi lebih menarik dengan kulit yang elastis merupakan pilihan

Untuk mendapatkan ini dibutuhkan yang namanya suplemen. Suplemen tidak saja untuk makanan. Juga ada suplemen kolagen yang dapat membantu tubuh dalam mengahasilkan kolagen agar tetap cukup dan dapat memenuhi asupan kolagen tubuh.

Seperti yang diketahui kolagen tidak saja bermanfaat untuk kulit kolagen juga sangat berperan untuk tulang rawan. Namun suplemen kolagen sangat membantu untuk menjaga kesehatan kulit.

 

Banner Portico Indonesia