NEWS & UPDATES

Jerawat di Jidat Sering Mengganggu? Ini 6 Penyebabnya!

23 Juli 2019 , Posted by Admin

Artikel ini sudah di tinjau dan Revisi oleh Dra Med Linda Rahadian MM, MBiomed

Jerawat di jidat

Jerawat menjadi masalah kulit yang sering kali datang mengganggu. Masalah ini sering kali terjadi di bagian jidat. Meskipun jerawat di jidat tidak memiliki risiko kesehatan yang serius, kemunculannya bisa mengurangi rasa percaya diri Anda. Umumnya, jerawat muncul akibat pori-pori kulit wajah yang tersumbat oleh kelenjar minyak maupun sel kulit mati. Namun, tidak menutup kemungkinan jika ada penyebab lain yang juga memicu munculnya jerawat di jidat. Apa saja? Berikut penjelasan selengkapnya.

Perubahan hormonal

Bagi remaja yang tengah melewati masa pubertas, jerawat sudah tentu menjadi masalah kulit yang tidak bisa dihindari. Kondisi ini dipicu dari perubahan kadar hormon di dalam tubuh yang berlangsung secara signifikan. Di sisi lain, bagi wanita yang sudah beranjak dewasa, periode menjelang menstruasi juga menyebabkan perubahan hormonal, sehingga mendorong tumbuhnya jerawat di permukaan kulit wajah termasuk pipi, dagu, maupun jidat.

Malas menghapus makeup

Mengaplikasikan makeup untuk menunjang penampilan Anda memang bukan hal yang salah. Akan tetapi, jika Anda membiarkan makeup menempel di kulit selama semalaman, maka inilah yang menyebabkan pori-pori wajah tersumbat dan mengakibatkan jerawat. Oleh karena itu, membersihkan wajah dari sisa-sisa makeup adalah hal yang wajib untuk Anda. Lakukan double cleansing setiap sebelum tidur di malam hari agar kulit wajah benar-benar berada dalam keadaan bersih.

Kulit kepala berminyak dan berketombe

Siapa bilang jerawat di jidat tidak dipengaruhi dengan kesehatan kulit kepala? Faktanya, kondisi kulit kepala yang memproduksi minyak berlebih dapat menyumbat pori-pori di sekitar jidat. Inilah yang pada akhirnya memicu munculnya jerawat di wajah Anda. Selain itu, adanya ketombe dalam jumlah berlebih juga mengakibatkan munculnya jerawat karena ukurannya yang kecil bisa menyumbat pori-pori kulit wajah Anda, terutama di area jidat dan pipi.

Membiarkan poni tebal dan menutupi jidat

Ada banyak hairstyle atau gaya rambut yang bisa Anda terapkan untuk mendukung penampilan sehari-hari. Akan tetapi, jika Anda memiliki jenis kulit kombinasi dan berminyak, maka hindari rambut poni tumbuh tebal dan memanjang hingga menutupi jidat. Gaya rambut ini memang bisa menimbulkan kesan cute dan girly, tetapi justru memudahkan jerawat tumbuh karena kondisi yang kulit yang lembap.

Gangguan pencernaan

Jerawat di jidat ternyata bisa disebabkan oleh sembelit atau gangguan pencernaan lainnya. Hal ini dikarenakan gangguan pencernaan muncul akibat konsumsi makanan berlemak dan berminyak secara berlebihan. Padahal kedua jenis makanan ini adalah pemicu munculnya jerawat di kulit. Alih-alih makan makanan yang tinggi lemak dan kaya minyak, sebaiknya Anda mengonsumsi buah dan sayur yang mengandung vitamin dan baik untuk detoksifikasi alami bagi kesehatan kulit.

Memencet jerawat lainnya

Munculnya jerawat di kulit wajah memang membuat Anda merasa kesal dan gemas. Akhirnya Anda pun nekat memencet jerawat tersebut agar cepat kempes. Padahal cara ini tentu tidak higienis, sehingga mendukung bakteri menyebar ke bagian kulit lainnya. Bukannya sembuh dan hilang, jerawat di jidat justru semakin bertambah banyak bahkan menyebar ke bagian kulit lainnya. Jadi, hilangkan kebiasaan ini jika Anda tidak ingin memperparah kondisi jerawat di wajah.

Itulah tadi beberapa penyebab jerawat di jidat yang wajib Anda ketahui. Melalui penjelasan tersebut, mulai sekarang Anda bisa lebih berhati-hati dalam merawat kesehatan kulit agar terhindar dari masalah jerawat. Selain memperbaiki gaya hidup dengan baik, Anda juga bisa menambahkan suplemen kulit yang bagus dan terbukti ampuh menjaga kesehatan kulit wajah. Berikan nutrisi terbaik dari suplemen kecantikan Portico untuk kulit sehat Anda. Tunggu apa lagi? Buktikan khasiat mengonsumsi Portico bagi kesehatan kulit sekarang juga!