NEWS & UPDATES

Kenali Jenis Kulit Wajah dan Cara Perawatannya

18 Juni 2019 , Posted by Admin

Artikel ini sudah di tinjau dan Revisi oleh Dra Med Linda Rahadian MM, MBiomed

jenis kulit dan perawatannya

Wanita mana, sih, yang tidak ingin tampil cantik dan menarik? Dalam hal ini, kondisi kulit wajah memegang peranan yang sangat penting. Semakin baik kondisi kulit wajah Anda, maka akan semakin mudah bagi Anda untuk membuatnya terlihat cantik optimal. Oleh sebab itu, Anda perlu mengetahui jenis kulit wajah dan cara perawatannya. Dengan begitu, Anda pun bisa melakukan perawatan yang tepat sesuai kondisi kulit sebenarnya sehingga hasilnya akan maksimal. Seperti saat Anda memilih spray wajah yang  cocok untuk kulit Anda. Yuk, kenali dulu jenis kulit wajah Anda!

Baca Juga : Vitamin Kulit Yang Bagus Untuk Mencerahkan Dan Menyehatkan Kulit
 

Kulit wajah normal

Selamat bagi Anda yang memiliki jenis kulit wajah normal! Pada kulit wajah normal, jumlah kandungan minyak dan airnya cenderung seimbang sehingga masalah kulit pun sangat jarang ditemui. Alhasil, kulit wajah Anda pun lembap dan kenyal, dengan ukuran pori-pori yang cenderung kecil.

Nah, karena masalah kulit jarang terjadi, Anda yang memiliki kulit wajah normal tidak perlu pusing memikirkan perawatannya. Pastikan saja Anda menggunakan pembersih wajah yang lembut dan ketika menggunakannya, jangan menggosok wajah terlalu kasar. Jangan lupakan juga pelembap yang ringan serta sunblock saat pagi hari sebelum keluar rumah.
 

Kulit wajah berminyak

Jika kulit wajah Anda terlihat berkilau tapi kusam, pori-porinya cenderung besar, lalu disertai jerawat atau komedo, kemungkinan Anda memiliki kulit wajah berminyak. Minyak ini bisa muncul akibat produksi sebum yang berlebih dari kelenjar minyak. Sebum sendiri adalah zat minyak yang berasal dari lemak. Sebetulnya sebum berfungsi untuk melembapkan kulit. Namun, karena produksinya berlebih, kulit wajah Anda pun jadi berminyak.

Untuk cara perawarannya, Anda dianjurkan memilih produk-produk skincare yang berbasis air, bukan minyak. Lalu, cek dan pastikan bahwa produk-produk yang Anda gunakan memiliki kandungan noncomedogenic sehingga tidak menyumbat pori-pori. Sehari-harinya, selalu sedia kertas minyak atau bloating paper untuk menekan kelebihan minyak pada wajah.
 

Kulit wajah kering

Berbanding terbalik dari kulit wajah berminyak, jenis kulit wajah dan cara perawatannya satu ini justru kekurangan kelembapan sehingga terasa kering ketika disentuh. Kulit wajah terasa kurang elastis dan tampilannya terlihat kusam serta kasar. Karena kondisinya ini, kulit wajah kering juga jadi lebih rentan gatal, memerah, hinga meradang.

Agar hal-hal tersebut tidak terjadi, gunakan produk pembersih wajah yang lembut. Pastikan produk tersebut bebas alkohol maupun wewangian. Hal yang paling penting adalah menggunakan pelembap setelah Anda mencuci wajah. Tidak ada salahnya pula menggunakan serum yang bersifat melembapkan wajah sebagai penunjang skincare sehari-hari.
 

Kulit wajah kombinasi

Sesuai namanya, kulit wajah kombinasi memang merupakan gabungan dari kondisi kulit wajah kering dan berminyak. Umumnya, pemilik kulit wajah kombinasi merasa T-zone mereka berminyak (dahi, hidung, dagu), tetapi area lain pada wajah justru cenderung kering, terutama di area pipi.

Mengenali jenis kulit wajah dan cara perawatan kulit wajah kombinasi memang cukup tricky. Misalnya, untuk T-zone, Anda membutuhkan produk yang bersifat anti jerawat. Sedangkan, untuk area lain seperti pipi, Anda justru harus menggunakan produk dengan kelembapan cenderung tinggi. Namun, yang pasti, Anda disarankan memilih produk-produk perawatan wajah yang lembut agar tidak terjadi iritasi.

Kulit wajah sensitif

Apakah kulit Anda cenderung mudah mengalami iritasi atau alergi akibat faktor tertentu? Wah, bisa jadi Anda memiliki kulit wajah sensitif. Umumnya, kulit wajah sensitif akan lebih mudah mengalami kemerahan atau bahkan pengelupasan saat terjadi kontak dengan pemicunya.

Memeriksakan diri ke dokter bisa menjadi cara ampuh untuk mengetahui penyebab kulit Anda alergi. Di samping itu, Anda tetap harus merawat kulit wajah dengan baik. Usahakan tidak mengandung produk skincare yang mengandung wewangian dan alkohol. Produk-produk dengan kandungan lidah buaya, gandum, dan teh hijau sangat baik untuk kondisi kulit wajah sensitif.

Mengenali jenis kulit wajah dan cara perawatannya sangat penting untuk menjaga kondisinya secara optimal. Namun, perlu diingat bahwa perawatan dari luar saja tidak cukup. Anda juga perlu mengimbanginya dari dalam, yakni dengan mengonsumsi produk yang dilengkapi kolagen untuk mencegah munculnya garis-garis halus.

Hal tersebut bisa Anda dapatkan melalui suplemen Beauty Enhancer dari Portico. Dipadukan dengan nutrisi vitamin C, E, dan Zinc, kolagen di dalam Beauty Enhancer mampu bekerja maksimal untuk menjaga kulit wajah tetap awet muda dan glowing. Segera kunjungi www.portico.id untuk mendapatkan informasi lebih lanjut!