NEWS & UPDATES

Ini Dia Makanan Kolagen Alami Untuk Wajah dan Kulit

7 Januari 2019 , Posted by Admin

Artikel ini sudah di tinjau dan Revisi oleh Dra Med Linda Rahadian MM, MBiomed

Jangan Asal, Ini Waktu Tepat Tubuh Konsumsi Kolagen Tambahan

Lotion dan cream anti penuaan merupakan produk yang sangat digemari wanita. Hal ini dikarenakan setiap orang tidak ingin terlihat tua. Adapun munculnya tanda-tanda penuaan, seperti keriput, kerutan di kulit, mengendurnya kulit wajah, disebabkan karena tingkat kolagen pada tubuh manusia seiring bertambahnya usia menjadi berkurang.

Hal inilah yang membuat kulit berkeriput dan kendur. Kolagen dengan elastin merupakan alasan utama kulit wajah terlihat kencang dan halus. Maka dari itu, penting sekali untuk mempertahankan agar kulit selalu kenyal dan terlihat muda.

Bagaimana Cara Mempertahankan Kolagen Secara Alami?

Kolagen ialah sejenis protein dalam tubuh yang bekerja sama dengan keratin untuk menyehatkan kulit, kuku, dan rambut. Lalu untuk mempertahankan kolagen alami untuk wajah, ada beberapa cara yang bisa Anda lakukan berikut ini:

1. Mengurangi Dampak Eksternal

Pertama-tama, jaga dan lindungi kulit dengan tetap menjaga cadangan kolagen dalam tubuh. Adapun salah satu faktor penyebab kulit kehilangan kandungan kolagen dalam tubuh ialah paparan sinar matahari yang berbahaya. Sinar matahari yang berlebih bisa memicu terjadinya penipisan kolagen sehingga menyebabkan munculnya kerutan dan kerutan-kerutan halus pada kulit.

Adapun untuk mengatasinya, tutup kulit menggunakan pakaian dan membatasi paparan matahari. Selain itu, pastikan untuk selalu memakai sunscreen dan sunblock untuk mencegah dampak berbahaya dari sinar UVA maupun UVB. Pastikan pula untuk mengikuti perawatan kulit secara rutin untuk menjaga kesehatan kulit wajah. Perawatan ini termasuk melakukan toning, cleansing, exfoliating, dan moisturizing wajah hingga leher dengan rutin.

2. Konsumsi Makanan yang Tepat

Cara meningkatkan kolagen alami untuk wajah lainnya ialah dengan mengonsumsi makanan yang sehat. Makanan tertentu bisa merangsang produksi elastin dan kolagen, sehingga bisa memulihkan elastisitas kulit. Makanan dengan kandungan vitamin K dan vitamin C serta mengandung berbagai macam nutrisi, seperti asam hyaluronic dan geistein terbukti bisa meningkatkan kolagen dalam tubuh.

Di samping itu, makanan yang dapat dipilih untuk meningkatkan kolagen ialah sayuran hijau seperti kubis, asparagus, dan bayam, selain itu kacang-kacangan, buah jeruk, dan kedelai juga bisa membantu meningkatkan kolagen dalam tubuh.

3. Mengonsumsi Suplemen

Selain makanan, Anda juga bisa meningkatkan kolagen pada tubuh dengan cara mengonsumsi suplemen vitamin K dan vitamin C. Seringnya mengonsumsi makanan tanpa nutrisi bisa memicu terjadinya kekurangan nutrisi atau defisiensi nutrisi. Mengonsumsi suplemen kolagen dapat memastikan bisa meminimalisir terjadinya defisiensi. Walaupun kini sudah tersedia lotion, suntikan kolagen, dan krim, semua itu tentu bukan cara yang alami untuk meningkatkan dan mempertahankan kadar kolagen.

4. Membuat Masker Kolagen Alami Untuk Wajah

Bagi Anda yang ingin menjaga kadar kolagen pada wajah secara alami, bisa mencoba mengaplikasikan masker wajah alami. Caranya, Persiapkan 1 butir ayam kampung dan putih telur, 1 tetes frankincence oil, 2 bagian mentimun yang diiris, dengan 1 tetes minyak esensial. Kemudian campurkan bahan-bahan tersebut dengan merasa, setelah oleskan ke wajah yang sebelumnya sudah dibersihkan. Lalu tunggu selama 15 menit dan bilas, setelah itu keringkan. Sesudah pemakaian masker tersebut, harap gunakan moisturizer yang cocok. Terapkan 2 kali dalam seminggu untuk hasil maksimal.

makanan sehat kolagen alami

 

Makanan Kolagen Alami Untuk Wajah

Di bawah ini ada beberapa jenis makanan yang bisa merangsang pertumbuhan kolagen dalam tubuh, diantaranya :

1. Jeruk

Jeruk merupakan sejenis buah-buahan dengan kandungan vitamin C tinggi di dalamnya. Dalam 100 gram jeruk terdapat 90% vitamin C, kita tentu bisa membayangkan dengan vitamin C yang sebanyak itu, tentu saja sudah bisa memenuhi kebutuhan harian tubuh. Vitamin C bisa merangsang terjadinya pembentukan kolagen secara alami pada tubuh.

2. Belimbing

Di dalam buah belimbing terkandung kolagen dari vitamin C, sebanyak 34,7 mg Vitamin C per 100 gramnya. Di samping itu, belimbing termasuk sumber vitamin B kompleks cukup lengkap.

3. Kurma

Kurma merupakan buah yang kaya kandungan nutrisi baik. Dimana kandungan vitamin C pada kurma berperan sebagai zat antioksidan dan dikenal juga sebagai tanin. Selain itu, antioksidan ini berfungsi membantu memperkuat ikatan yang terjadi di antara serat kolagen.

4. Tomat

Kandungan nutrisi dan gizi pada buah tomat untuk tiap 100 gramnya, bisa memenuhi sebanyak 21% kebutuhan vitamin secara rutin setiap harinya dan berperan sebagai kolagen. Tomat juga berkhasiat melindungi wajah terhadap paparan sinar UV, sebab tomat memiliki kandungan lycopine yang banyak.

5. Lemon

Buah lemon mengandung nutrisi sangat penting bagi tubuh, seperti asam amino, protein, dan vitamin C. Semua nutrisi tersebut bisa membentuk lapisan kolagen dengan aktif sehingga bisa menambah elastisitas pada kulit.

6. Kedondong

Biasanya kedondong seringkali dijadikan sebagai tambahan manisan. Selain itu, kedondong segar juga ternyata mengandung banyak nutrisi jika dibandingkan kedondong yang telah diolah. Dalam kedondong segar terdapat vitamin C sebanyak 36 mg atau 60% dari kebutuhan tubuh harian.

7. Mangga

Vitamin C pada buah mangga sebanyak 45,7 mg dari 165 gram. Mangga juga berperan penting menambah kolagen alami dalam tubuh yang bermanfaat menjaga kesehatan tubuh, kulit dan wajah.

8. Nanas

Nanas termasuk salah satu buah yang memiliki kandungan kolagen alami untuk wajah yang tinggi. Untuk 100 gram nanas, bahkan sudah bisa mencukupi  kebutuhan vitamin C harian sebanyak 80%. Sementara kandungan kolagen pada buah nanas berkisar 47,8 gram dari sebanyak 100 gram.

9. Jambu Biji

Jambu biji mengandung vitamin C tinggi, bahkan kandungannya lebih tinggi dibandingkan buah kiwi dan jeruk yang digadang-gadang sebagai sumber vitamin C.

Itulah beberapa makanan yang mengandung kolagen alami untuk wajah yang dapat dimanfaatkan.

Baca Juga: Apa Itu Kolagen? Apa Saja Kegunaan Kolagen Bagi Tubuh

Banner Portico Indonesia