NEWS & UPDATES

Ketahui Kulit Sensitif itu Seperti Apa, Agar Tidak Salah

23 Agustus 2019 , Posted by Admin

Artikel ini sudah di tinjau dan Revisi oleh Dra Med Linda Rahadian MM, MBiomed

kulit-sensitif

Anda mungkin sering bertanya, kulit sensitif itu seperti apa, Secara sederhana, kulit sensitif dapat diartikan sebagai kondisi kulit yang mudah mengalami iritasi atau alergi. Umumnya, kulit sensitif ditandai dengan munculnya bintik merah, ruam, kering, mengalami pengelupasan, dan terasa gatal, sehingga menimbulkan ketidaknyamanan. Untuk bisa melakukan perawatan dengan tepat, terlebih dulu Anda perlu memahami penyebab serta hal-hal yang harus dihindari oleh pemilik kulit sensitif. Berikut penjelasan selengkapnya.

Penyebab kulit sensitif

Setelah mendapat gambaran singkat tentang kulit sensitif itu seperti apa, kini Anda bisa mencari tahu penyebab kulit menjadi rentan terhadap masalah. Pada dasarnya, ada banyak faktor yang menyebabkan kulit sensitif. Mulai dari faktor lingkungan seperti perubahan cuaca dan suhu udara secara ekstrem, maupun akibat penggunaan produk kosmetik dan perawatan kulit yang kurang tepat.

Lebih lanjut, beberapa kasus penderita kulit sensitif juga dipicu oleh pola makan yang tidak sehat. Termasuk penurunan berat badan secara drastis dalam kurun waktu singkat. Kondisi kulit sensitif juga bisa menunjukkan efek samping dari penggunaan obat-obatan tertentu. Ini adalah faktor internal yang bisa melemahkan daya tahan epidermis, sehingga kulit rentan mengalami masalah.

Mencegah masalah pada kulit sensitif

Apabila sudah memahami bahwa Anda termasuk orang yang memiliki jenis kulit sensitif, maka ada hal-hal yang perlu diperhatikan sebagai langkah preventif agar kulit sensitif tifak bermasalah. Pertama, pastikan untuk selalu menjaga kelembapan kulit dengan cukup minum air putih dan mengonsumsi buah dan sayuran segar agar nutrisi kulit dari dalam tetap terpenuhi dengan baik. Kedua, gunakan produk kosmetik atau skincare yang memang khusus ditujukan untuk pemilik kulit sensitif.

Ketiga, disarankan Anda tidak terlalu sering melakukan eksfoliasi. Memang, eksfoliasi penting untuk mengangkat sel-sel kulit mati dan kotoran di kulit. Namun, pemilik kulit sensitif justru rentan mengalami iritasi apabila proses pengelupasan berlangsung terus menerus. Oleh karena itu, sebaiknya hanya lakukan eksfoliasi satu kali dalam seminggu.

Perawatan kulit sensitif

Selanjutnya, Anda juga harus mengetahui cara perawatan kulit sensitif secara tepat. Untuk seluruh bagian kulit tubuh, gunakan sabun dengan bahan-bahan alami dan memiliki tekstur lembut. Beberapa bahan alami yang baik untuk merawat kulit sensitif yaitu green tea, lidah buaya, gandum, hingga gel lidah buaya. Dengan menggunakan produk perawatan kulit yang tepat, maka kulit sensitif lebih sehat dan terawat secara maksimal.

Selain itu, karena sudah memahami kulit sensitif itu seperti apa, sebaiknya Anda juga menghindari produk kosmetik dan skincare yang memiliki kandungan parfum atau wewangian apapun. Pasalnya, kulit sensitif bisa dengan mudah bereaksi dengan pewangi yang ditambahkan pada produk kosmetik maupun skincare..

Dengan mengenal jenis kulit sensitif itu seperti apa, Anda bisa melakukan perawatan dengan teknik dan produk yang tepat. Tenang saja, kulit sensitif bukan masalah serius yang perlu Anda khawatirkan secara berlebihan. Selama bisa mencegah hal-hal yang dapat memicu iritasi dan alergi, maka kulit pun terhindar dari permasalahan. Kulit sensitif bisa membuat Anda lebih peka terhadap kesehatan kulit dalam jangka panjang.

Untuk perawatan kulit sensitif lebih lanjut, Anda bisa dengan rutin mengonsumsi Collagen Drink dan Gluta Spray dari Portico. Diperkaya dengan nutrisi yang baik untuk kulit, Collagen Drink dan Gluta Spray ini efektif mencegah kerutan halus dan tanda-tanda penuaan dini lainnya. Jadi, tunggu apa lagi? Segera coba dan buktikan sendiri manfaat Collagen Drink dan Gluta Spray dari Portico.