NEWS & UPDATES

Makanan Sumber Kolagen Terbesar yang Bikin Kulit Lebih Bercahaya

27 February 2019 , Posted by Admin
Makanan Sumber Kolagen Terbesar

Seiring bertambahnya usia, harapan untuk memiliki kulit yang kencang, sehat dan bercahaya umumnya semakin menipis. Hal ini disebabkan karena produksi kolagen alami dalam tubuh kian berkurang. Ditambah lagi paparan sinar matahari, polusi udara dan radikal bebas turut berperan memicu permasalahan kulit seperti jerawat, kusam dan penuaan kulit. Namun, Anda mengurangi dampak kekurangan kolagen ini dengan mengonsumsi makanan sumber kolagen terbesaryang alami.

Kolagen Alami Dalam Tubuh Berkurang Setiap Tahunnya

Kolagen alami di dalam tubuh manusia berperan layaknya lem atau perekat. Hal ini karena fungsi kolagen salah satunya menjadi perekat antara satu struktur bagian tubuh dengan struktur lainnya. Kolagen biasa ditemukan di jaringan sendi, otot, kulit dan jaringan organ dalam. Tubuh bisa memproduksi kolagen sendiri sampai usia 20 tahun. Kemudian kadar kolagen tersebut akan berkurang sekitar 1,5% setiap tahunnya. Itu sebabnya, setelah usia 20 tahun sangat disarankan untuk mengonsumsi asupan kolagen demi menjaga kada kolagen dalam tubuh.

Makanan Sumber Kolagen Alami

Ada beberapa makanan yang bisa Anda konsumsi guna menjaga kadar kolagen dalam tubuh. Makanan sumber kolagen alami ini mudah Anda temukan sehari-hari baik dalam bentuk aslinya maupun dalam bentuk suplemen. Beberapa sumber kolagen terbesar itu diantaranya :

  • Telur

Sumber kolagen yang paling mudah ditemui di sekitar kita adalah telur. Anda bisa mendapatkan banyak kolagen dengan mengonsumsi kuning telur. Di samping mengandung kolagen, telur juga memiliki kandungan belerang. Belerang diperlukan pada proses pengeluaran racun di organ hati dan mendorong produksi kolagen. Demi memenuhi kebutuhan kolagen setiap hari, Anda boleh mengonsumsi telur sebanyak dua buah telur dalam sehari.

  • Alpukat

Makanan yang bisa menjadi sumber kolagen terbesar lainnya adalah buah alpukat. Alpukat memiliki kandungan vitamin E yang mampu menjaga kestabilan produksi kolagen di dalam tubuh. Buah yang satu ini juga mengandung lemak yang baik untuk kesehatan kulit. Sementara itu, minyak alpukat juga bisa dimanfaatkan untuk mendorong produksi kolagen di dalam tubuh. Anda bisa mengonsumsi alpukat sebagai jus atau dimakan sebagai salad. Meski baik bagi tubuh konsumsi alpukat berlebihan sangat tak disarankan, cukup setengah buah saja setiap harinya.

  • Wortel

Wortel dikenal memiliki kandungan vitamin A yang cukup tinggi. Vitamin A pada wortel mampu mendorong produksi kolagen, mengurangi produksi sebum, meningkatkan aliran darah, mengurangi tanda-tanda penuaan kulit dan melindungi kulit dari sinar UV. Dengan memasukkan wortel ke dalam menu makanan sehari-hari, Anda pun bisa memperoleh manfaat vitamin A tersebut sehingga kulit tak cepat berminyak, terlihat lebih cerah dan jadi lebih elastis.

  • Ikan

Kolagen ikan atau marine collagen awalnya dikembangkan oleh Maria Sadowska, peneliti dari Gdansk yang menciptakan ekstrak kolagen dari kulit ikan. Sejak saat itu, penelitian kolagen ikan terus dikembangkan hingga menemukan metode hidrolisasi kolagen. Metode hidrolisasi ini mampu menghasilkan kolagen yang utuh dan menyerupai kolagen yang diproduksi di dalam tubuh manusia.

Kolagen ikan juga aman dikonsumsi dan tergolong halal. Mayoritas produk kolagen ikan berasal dari ikan salmon dan tuna yang dikenal mengandung Omega-3. Demi memperoleh manfaat kolagen ikan, Anda bisa mengonsumsi suplemen kolagen ikan atau mengonsumsi menu olahan salmon dua kali seminggu.

  • Kolagen Sapi

Sumber kolagen terbesar lainnya yakni kolagen sapi yang terbuat dari ekstrak tulang rawan sapi, bagian kulit sapi dan tulang sapi. Kolagen sapi atau disebut jugabovin collagen ternyata memiliki struktur menyerupai kolagen manusia bertipe I dan tipe III. Pada tubuh manusia, kolagen tipe I dan tipe III merupakan komponen penyusun dari rambut, kuku, otot, gusi, mata, sendi, pembuluh darah dan tulang. Produk suplemen kolagen sapi yang banyak Anda temui di pasaran umumnya sudah bersertifikasi halal sehingga aman dikonsumsi.

  • Buah Berry

Buah-buahan sejenis berry seperti cranberry, strawberry dan blackberry dikenal memiliki kandungan vitamin C yang tinggi sehingga baik bagi kesehatan tubuh dan kulit. Buah berry juga mengandung asam ellagik yang bermanfaat untuk mengurangi kerusakan kolagen akibat paparan sinar matahari. Konsumsi buah berry bisa dilakukan setiap hari tapi harus disesuaikan dengan usia. Sebagai contoh, untuk orang dewasa berusia 18 tahun ke atas bisa mengonsumsi buah berry maksimal sampai 70 gram per harinya.

  • Biji Labu dan Kacang Chia

Produksi kolagen dalam tubuh bisa dirangsang menggunakan unsur zinc yang banyak terdapat di dalam biji labu. Zinc juga terbukti mampu memperlambat proses dekomposisi protein serta mendorong regenerasi kulit. Anda bisa menikmati manfaat biji labu ini dengan menaburkan biji labu goreng ke dalam salad sebanayk 2 sendok makan setiap hari.

Sumber kolagen terbesar lainnya yakni biji chia yang dikenal mampu merangsang peremajaan kulit. Hal ini karena biji chia memiliki kandungan Omega-3 yang mampu melembapkan kulit dan menghaluskan kulit. Anda bisa mengonsumsi kacang chia sebanyak 198 gram per hari dengan mencampurnya ke dalam kue, roti, sereal atau minuman.

  • Tomat

Kolagen juga bisa Anda dapatkan dengan mengonsumsi tomat. Tomat mengandung antioksidan lucopene yang mampu melindungi kulit dari paparan sinar UV. Manfaat maksimal dari tomat bisa Anda dapatkan dengan cara meminum jus tomat atau mengkonsumsi tomat yang dibakar.

Di samping mengonsumsi sumber kolagen terbesar di atas, Anda juga perlu menerapkan gaya hidup yang mendukung produksi kolagen.  Anda harus menghindari lingkungan yang kotor, sinar UV, kebiasaan merokok dan mengurangi asupan gula berlebih. Apabila mengonsumsi makanan sumber kolagen di atas masih kurang optimal, tak ada salahnya mengonsumsi suplemen kolagen demi menjaga keremajaan kulit.

Baca Juga :

  1. Memahami Apa Itu Kolagen dan Fungsinya

  2. Ini Dia Makanan Kolagen Alami Untuk Wajah dan Kulit

  3. Manfaat Vitamin C untuk Wajah yang Cerah Berseri