NEWS & UPDATES

Makanan yang Banyak Mengandung Kolagen Agar Awet Muda

4 January 2019 , Posted by Admin

Makanan yang banyak mengandung kolagen. Setiap orang memiliki dambaan kulit yang sehat, kencang, glowing, terlihat terus awet muda. Tapi, sayangnya setiap hari pasti beraktifitas yang membuat kulit harus terpapar dengan sinar matahari, polusi, dan radikal bebas sehingga dapat merusak kulit bahkan menghambat produksi kolagen dalam tubuh.

Kolagen sendiri adalah protein untuk meregenerasi kulit yang diproduksi secara alami di dalam tubuh. Kolagen pada usia yang semakin bertambah justru akan semakin berkurang dan menyebabkan kulit cepat keriput dan mengendur. Itulah sebabnya kolagen sangat membantu untuk tampil tetap awet muda dengan mencegah terjadinya penuaan dini, keriput, kulit kendor, berjerawat, menjaga kulit dari paparan sinar UV, polusi, menangkal radikal bebas yang bisa saja merusak bahkan menghancurkan kolagen alami yang terdapat dalam tubuh.

Agar produksi kolagen tetap lancar, terjaga, atau semakin meningkat, dapat dilakukan dengan banyak cara salah satunya adalah mengkonsumsi suplemen kolagen maupun mengkonsumsi makanan yang banyak mengandung kolagen secara alami. Makanan tersebut haruslah makanan yang mengandung vitamin A, vitamin C, omega-3, proline, dan tembaga. Berbagai macam kandungan tersebut sangat berpengaruh terhadap meningkatkanya produksi kolagen dalam tubuh.

Makanan yang Banyak Mengandung Kolagen

Berikut adalah berbagai macam contoh makanan yang banyak mengandung kolagen alami sangat mudah dijumpai dan didapatkan di sekitar Anda:

1. Ikan

Ikan kaya dengan omega-3 dan tanpa lemak sehingga membran lemak yang berada di sekitar kulit terlindungi, contohnya salmon, tuna, dan lain-lain. Yang membuat awet muda adalah kandungan omega-3 tersebut sehingga sel dalam tubuh terasa kenyal. Selain itu, ikan juga dapat mengatasi terjadinya inflamasi, dan ada asam amino essensial yang membuat kulit jadi elastis dan kencang.

2. Kacang-kacangan

Kacang-kacangan mengandung vitamin E dapat menjaga kolagen agar tidak rusak dari paparan radikal bebas. Ada juga kandungan ada hialuronat yang dapat membuat kulit tetap lembab dan memperlambat terjadinya tanda-tanda penuaan dini dengan cara membuat sintesis kolagen meningkat sehingga terjadi pertumbuhan sel-sel kulit yang sehat.

3. Sayur-sayuran hijau gelap

Sayuran hijau gelap seperti bayam memiliki kandungan antioksidan dan lutein yang dapat membantu untuk memproduksi kolagen dalam tubuh.  Penelitian di Perancis menyatakan dengan mengkonsumsi bayam dapat meningkatkan elastisitas kulit, menghidrasi kulit dengan baik, dan mencegah terjadinya keriput pada kulit.

4. Kaldu tulang

Kaldu tulang mengandung gelatin yang dapat melancarkan sistem pencernaan sehingga mencegah terjadinya inflamasi dan penuaan dini. Mengkonsumsi kaldu tulang adalah sangat baik untuk membuat baru kolagen dalam kulit.

5. Susu

Susu yang terdapat dalam makanan maupun minuman sangat bagus untuk kesehatan kulit. Contohnya adalah yogurt, sangat bagus dikonsumsi bagi Anda yang menginginkan awet muda. Susu mengandung kolagen alami yang juga dapat meningkatkan kadar kolagen dalam tubuh secara alami, dimana kolagen alami adalah kolagen yang paling terbaik dengan bekerja paling baik dibandingkan dengan kolagen yang lainnya.

6. Alpukat

Buah yang satu ini tentu banyak disukai karena rasanya enak dan memiliki lemak baik. tapi ternyata alpukat juga memiliki kandungan vitamin E yang dapat menangkal paparan radikal bebas. Selain itu, terdapat juga kandungan omega-3 yang menjadi kolagen tidak mudah rusak.

7. Wortel

Wortel adalah makanan yang memiliki kandungan vitamin A  sangat tinggi sehingga sangat baik untuk kesehatan mata. Vitamin A juga memiliki manfaat untuk mencegah terjadinya tanda-tanda penuaan secara dini pada kulit, caranya dengan memproduksi kolagen, mengurangi sebum yang diproduksi secara berlebihan, mengalirkan darah pada permukaan kulit, dan melindungi kulit dari paparan sinar UV. Dengan banyak mengkonsumsi vitamin A kulit akan semakin cerah, tidak mudah berminyak, dan lebih elastis.

8. Ubi

Ubi adalah sumber karbohidrat setelah beras, jagung, dan singkong. Juga memiliki kandungan vitamin A seperti halnya dengan wortel yang dapat membantu memproduksi kolagen secara alami dalam tubuh dan meregenerasi kulit dengan baik.

9. Telur

Telur adalah sumber protein hewani yang memiliki kandungan kolin dan vitamin B. Kolin dan vitamin B yang Anda konsumsi akan berubah menjadi asam amino glisin, dimana asam amino tersebut memiliki peran sangat penting untuk memproduksi kolagen dan awet muda.

10. Kubis

Siapa yang menyangka makanan yang biasa dijadikan lalapan ini juga dapat membuat awet muda. Kubis mengandung fitonutrien dan antioksidan yang dapat membuat elastisitas kulit menjadi meningkat dan tetap segar terhidrasi.

11. Bawang putih

Mungkin bawang putih terdengar sedikit aneh, tapi nyatanya bawang putih memiliki kandungan taurine dan asam lipoat yang dapat memproduksi kembali kolagen yang telah rusak sebelumnya. Terdapat juga kandungan sulfur yang menjadi unsur penting dalam produksi kolagen.

12. Paprika

Paprika mengandung zat vitamin C, dimana vitamin C adalah komponen dalam produksi kolagen. Jika kolagen diproduksi dengan maksimal maka hasilnya adalah dapat menjaga elastisitas kulit dan menghidrasi kulit sehingga terlihat awet muda.

Itulah beberapa makanan yang banyak mengandung kolagen. Makanan tersebut adalah makanan alami berasal dari tumbuhan dan hewan yang merupakan makanan sehari-hari biasa untuk dikonsumsi, sangat mudah dijumpai dan di dapatkan di pasaran.

Setelah mengetahui makanan yang banyak mengandung kolagen, Anda juga harus tetap menjaga dan meningkatkan kadar kolagen dalam tubuh dengan efektif. Anda harus menjaga pola makan dengan baik contohnya tidak mengkonsumsi gula dan karbohidrat yang terlalu banyak. Dari beberapa contoh makanan yang mengandung kolagen di atas lebih baik untuk mengkonsumsi makanan yang rendah karbohidrat dan memiliki rasa yang tidak terlalu manis.

Baca Juga: Makanan Sumber Kolagen Terbesar yang Bikin Kulit Lebih Bercahaya