NEWS & UPDATES

4 Manfaat Kolagen untuk Jerawat beserta Makanan Penunjangnya

1 Januari 2019 , Posted by Admin

Artikel ini sudah di tinjau dan Revisi oleh Dra Med Linda Rahadian MM, MBiomed

manfaat kolagen untuk jerawat

Manfaat kolagen untuk jerawat adalah salah satu bukti besarnya khasiat protein ini terhadap kulit. Bukan rahasia lagi kalau kolagen memberikan dampak positif pada beberapa organ dan bagian tubuh. Bahkan tubuh Anda secara mandiri mampu memproduksi kolagen untuk mengisi kuota sebanyak 30% dari total protein yang dibutuhkan. Selain itu, kolagen juga diprediksi mengisi unsur kulit tubuh dengan kisaran dari 70% sampai 80%.

Jadi, tak heran kalau kolagen terus dimanfaatkan banyak pihak untuk mengembalikan kesehatan dan kecantikan kulit. Salah satu di antaranya mengatasi jerawat, masalah kulit yang tak hanya menurunkan rasa percaya diri, melainkan juga merusak permukaan kulit. Lantas, bagaimana cara kolagen ‘merawat’ jerawat sampai hilang dari kulit Anda?

Mengapa Kolagen dapat Mengatasi Jerawat?

Jerawat adalah gangguan kulit khususnya di wajah yang kedatangannya sering tak diduga-duga. Hal ini berkaitan juga dengan faktor penyebabnya yang sangat beragam. Antara lain pubertas untuk remaja, pola makan berantakan, perubahan suasana hati, pre-menstrual syndrome, fluktuasi hormon, kebiasaan buruk seperti jarang membersihkan wajah, sampai penyakit tertentu.

Menyoal pembentukan, jerawat muncul dari sumbatan pada pori-pori yang membuatnya sulit ‘bernapas’. Dari sana, terbitlah peradangan disusul bintik kemerahan. Dalam kasus yang lebih parah, jerawat dapat menimbulkan rasa sakit hingga kantung nanah.

Dari gambaran tersebut, Anda bisa menilai sekilas pentingnya manfaat kolagen untuk jerawat. Dalam hal ini, kolagen akan melakukan tugasnya sebagai pencegah hingga penumpas jerawat melalui 4 metode di bawah ini.

1. Mendorong regenerasi kulit

Kolagen sebagai salah satu unsur protein berperan untuk melembapkan kulit secara alami. Dengan begitu, fungsi-fungsi kulit akan kembali tanpa ancaman dari bahan-bahan kimia berbahaya. Kolagen dalam jumlah cukup mengganti sel-sel kulit mati, sehingga proses regenerasi akan lebih cepat dan menghalangi pembentukan jerawat sampai penuaan dini. Kulit Anda pun akan tetap lentur dan tercukupi kebutuhan nutrisinya setiap hari.

2. Melindungi elastisitas kulit

Pada dasarnya, produksi kolagen alami dalam tubuh akan berkurang intensitasnya saat Anda memasuki usia 25 tahun dan terus turun memasuki usia 60 tahun. Hal tersebut juga yang memicu gangguan pada kelenturan atau elastisitas kulit. Jika tidak dijaga, maka masalah seperti kulit kusam, kulit kering, sampai jerawat muncul di usia muda. Dalam jangka waktu panjang, penurunan elastisitas kulit akan menggiring masalah lain seperti garis-garis halus dan keriput.

3. Menggunakan kolagen suntik

Tren suntik kolagen belakangan sedang diminati karena memberikan dampak positif pada kulit tanpa efek samping berlebih. Kolagen suntik umumnya berasal dari hewan dan hasilnya yang efektif membuat metode ini dinilai mampu memberikan manfaat kolagen untuk jerawat yang maksimal. Meski begitu, tidak semua orang dapat memakai metode kolagen suntik. Anda perlu berkonsultasi dahulu dengan dokter dan memastikan kondisi tubuh Anda memadai.

4. Menjalani gaya hidup sehat

Mengonsumsi makanan-makanan sehat memang akan mendorong produksi kolagen dalam tubuh. Akan tetapi, kalau tidak dibarengi dengan gaya hidup sehat, fungsi-fungsinya tetap tak akan bekerja maksimal, termasuk saat menangani jerawat. Gaya hidup sehat pun tak hanya berpusat pada olahraga. Mencuci wajah secara rutin, memakai masker, membersihkan handuk muka, hingga merawat peralatan untuk rias wajah pun termasuk kebiasaan yang akan membantu kemungkinan munculnya jerawat.

Jenis makanan yang jadi sumber kolagen

Makanan yang Anda konsumsi akan mempengaruhi penanganan kolagen terhadap jerawat yang muncul. Berikut daftar makanan kaya kolagen yang dianjurkan untuk disantap sehari-hari.

  • Kaldu tulang

    Disitat dari Mind Body Green, memperbarui kolagen dapat dilakukan dengan menyantap kaldu tulang. Hal ini disebabkan kandungan gelatin yang mampu memperbaiki sistem cerna yang akan mencegah peradangan sampai proses penuaan dini;

  • Produk kedelai

    Ya, kedelai merupakan salah satu sumber protein nabati yang sudah teruji khasiatnya untuk tubuh. Selain tahu dan tempe, keju dan susu yang terbuat dari kacang ini pun menghasilkan genistein—salah satu sumber pembentuk kolagen yang akan menghambat enzim penyebab penuaan dini;

  • Sayuran hijau gelap

    Bayam, kubis, dan kale adalah segelintir sayuran hijau gelap yang bisa memberikan manfaat kolagen untuk jerawat. Jenis sayuran tersebut sarat antioksidan dan lutein yang bagus untuk kesehatan tubuh. Sebuah penelitian di Prancis menyebutkan konsumsi 10 mg bayam berpotensi meningkatkan kelenturan dan hidrasi kulit hingga memerangi keriput;

  • Kacang-kacangan

    Jenis kacang-kacangan dengan kandungan asam hyaluronat (hyaluronic acid) dinilai mampu mencegah jerawat, terutama bila dikonsumsi dua sendok sehari;

  • Ikan dan daging tanpa lemak

    Ikan yang sarat omega-3 seperti tuna, salmon, dan mackerel serta daging tanpa lemak dari hewan pemakan rumput mampu melindungi membran lemak yang berada di sekitar sel kulit. Juga, omega-3 membantu sel tetap kenyal membuat Anda tampak awet muda. Makanan ini juga akan mengurangi peradangan;

  • Vitamin C

    Buah dan sayur yang memiliki kandungan vitamin C adalah kelompok makanan yang sanggup memproduksi kolagen alami. Anda bisa mengonsumsi stroberi, lemon, dan jeruk kalau ingin memasukkannya ke dalam menu;

  • Bawang putih

    Bumbu dapur ini kaya akan taurine dan asam lipiat yang akan membantu tubuh memproduksi ulang kolagen yang sudah rusak. Sulfur dalam bawang putih berperan penting dalam pembuatan kolagen hingga mencegah munculnya jerawat.

Bagaimana? Siap ‘merawat’ jerawat dengan kolagen? Mudah-mudahan informasi manfaat kolagen untuk jerawat ini membantu Anda menjaga kesehatan dan kecantikan kulit wajah!

Baca Juga: Mengenal Buah yang Mengandung Kolagen, Penghasil Kolagen Secara Alami

Banner Portico Indonesia