NEWS & UPDATES

3 Manfaat Penting Vitamin C untuk Kulit

17 December 2018 , Posted by Admin
vitamin c untuk kulit

Vitamin C untuk kulit sangatlah penting. Mungkin, memang tidak secara langsung membuat kulit menjadi putih bersih dan sehat. Namun, kehadiran vitamin C yang tinggi antioksidan ini akan merangsang produktivitas kolagen dalam tubuh dari pengonsumsi. Kolagen inilah yang nantinya akan bekerja dalam meregenerasi kulit sekaligus menjaga kesehatan kulit dari dalam.

Dengan kata lain, vitamin C sangat dibutuhkan oleh tubuh. Tidak heran jika saat ini banyak sekali bermunculan produk-produk kecantikan yang menyertakan vitamin C alami sebagai bahan bakunya. Sebenarnya, apa saja manfaat vitamin C untuk kulit? Berikut ini penjelasan lebih detailnya:

Manfaat Vitamin C untuk Kulit

1. Sebagai Fotoproteksi

Salah satu penyebab kulit menjadi rusak adalah banyaknya radikal bebas yang masuk ke dalam tubuh. Oksigen yang ada di udara berinteraksi dengan beberapa molekul hingga terbentuklah radikal bebas. Saat radikal bebas ini masuk ke dalam tubuh, akan langsung bereaksi dengan membran sel maupun DNA, sehingga sel pun mengalami kerusakan. Salah satu bentuk radikal bebas yang sangat berbahaya adalah sinar ultraviolet dari matahari.

Bahkan, sinar ultraviolet ini juga akan menurunkan kadar vitamin C dalam kulit. Itulah mengapa, selain menggunakan pelembab kulit sebagai bentuk proteksi diri, Anda juga perlu mengkonsumsi vitamin C, baik dari makanan maupun suplemen. Dengan begitu, dalam tubuh Anda pun akan bisa memproteksi diri dari paparan sinar matahari.

2. Mencegah Kulit Keriput

Pada saat seseorang memasuki usia senja, sudah pasti kulit akan mengalami berbagai masalah, mulai dari keriput hingga munculnya bercak-bercak hitam. Sayangnya, gejala penuaan seperti ini tidak hanya berlaku bagi mereka berusia senja. Beberapa orang yang masih di usia dewasa pun mengalaminya seiring dengan banyaknya aktivitas yang membuat mereka stres.

Nah, untuk mengatasi hal tersebut, vitamin C bisa digunakan. Sebab, vitamin C mampu menstabilkan mRNA kolagen sehingga sintesis kolagen menjadi lebih meningkat. Meningkatnya sintesis kolagen inilah yang kemudian digunakan untuk memperbaiki beberapa kerusakan kulit, termasuk kulit keriput.

3. Mempercepat Penyembuhan Luka dan Melembabkan Kering

Tidak hanya meningkatkan sintesis kolagen, vitamin C juga mampu mengurangi respons inflamasi di sekitar daerah luka. Bahkan kandungan antioksidannya juga mampu mengurangi kerusakan jaringan yang ada di sekitar luka. Jaringan kulit yang rusak akibat luka akan segera diganti dengan jaringan parut oleh vitamin C ini. Dengan begitu, proses penyembuhan luka pun akan terjadi lebih cepat.

Tidak hanya itu, pada saat kulit sembuh dari luka, biasanya akan tampak kering. Nah, vitamin C ini juga bisa berperan sebagai pelembab kulit. Tak heran jika kemudian banyak dokter yang menggunakan vitamin ini untuk mengatasi orang yang mengalami luka bakar maupun luka tekan (luka akibat terlalu lama dalam posisi tertentu saat tidur).

Itulah beberapa manfaat dari vitamin C untuk kulit.

Baca Juga  : 4 Manfaat Kolagen untuk Jerawat beserta Makanan Penunjangnya