NEWS & UPDATES

Mengenal Buah yang Mengandung Kolagen, Penghasil Kolagen Secara Alami

12 Februari 2019 , Posted by Admin

Artikel ini sudah di tinjau dan Revisi oleh Dra Med Linda Rahadian MM, MBiomed

Mengenal Buah Mengandung Kolagen

Pernah Dengar Kolagen ?

Sudah tidak asing lagi rasanya jika mendengar kata ‘Kolagen’, karena saat ini kolagen sudah banyak diaplikasikan dan dikomersilkan pada berbagai industri. Mulai dari industri farmasi yang menghasilkan obat-obatan dan suplemen penambah kolagen hingga industri kosmetika yang menghasilkan produk-produk berbahan dasar kolagen, hingga suntik kolagen.

Kolagen sebenarnya dapat dihasilkan oleh tubuh, akan tetapi jumlahnya akan semakin berkurang apabila usia bertambah dan gaya hidup yang kurang sehat yang menyebabkan kurangnya elastisitas kulit, penuaan, hingga osteoporosis.

Kebanyakan orang akan mengambil jalan pintas dengan konsumsi suplemen bahkan hingga suntik kolagen untuk mengatasi hal itu. Akan tetapi, ternyata Anda juga bisa memanfaatkan Buah yang Mengandung Kolagen untuk mendapatkan asupan kolagen yang sehat dan alami.

Apa anda tahu rahasia kulit yang sehat ? klik Rahasia Kulit Sehat

Mengenal Kolagen

Kolagen sebenarnya terdapat didalam tubuh, misalnya pada bagian kulit, jaringan ikat, hingga tulang dan sistem pencernaan. Karena adanya kolagen didalam tubuh inilah yang menyebabkan tubuh dapat terhubung dan juga terikat satu sama lain sehingga menjadi lebih terstruktur, kuat, dan elastis.

Kolagen memiliki fungsi-fungsi lain seperti memulihkan sel-sel kulit yang sudah mati dengan menggantinya menjadi yang baru, melindungi organ-organ tubuh, membuat kulit menjadi elastis dan kenyal, dan masih banyak lagi manfaat dari kolagen ini. Akan tetapi, ada beberapa faktor yang dapat menyebabkan berkurangnya produksi kolagen pada tubuh.

Misalnya saja faktor usia yang bertambah dan gaya hidup yang tidak sehat. Pada orang yang sudah mengalami usia lanjut, produksi kolagen pada tubuh akan berkurang, begitupun dengan orang yang menjalani pola hidup yang tidak sehat.

Tanda berkurangnya kolagen dapat dilihat dari munculnya kerutan, kulit menjadi kendur, terdapat garis-garis halus pada kulit, serta berkurangnya kekuatan tulang yang menyebabkan osteoporosis atau pengeroposan tulang. Kolagen tambahan bisa didapatkan dari suplemen, kosmetik, hingga yang alami seperti Buah yang Mengandung Kolagen.

Tambahan Kolagen Untuk Tubuh

Jika tubuh sudah mulai berkurang asupan kolagennya, akan berdampak pada beberapa bagian yang terdapat diluar maupun didalam tubuh. Dampak tersebut juga bisa berbahaya misalnya seperti osteoporosis ataupun terjadinya tanda-tanda penuaan pada kulit. Oleh sebab itu, diciptakanlah kolagen tambahan untuk memenuhi asupan kolagen tubuh yang mulai berkurang. Kolagen tambahan ini biasanya terdapat dalam bentuk suplemen maupun menjadi bahan dasar kosmetik. Suplemen tentunya harus dikonsumsi agar dapat masuk kedalam tubuh. Sedangkan, kosmetik bekerja pada bagian lapisan kulit dengan cara penggunaan dari luar.

Akan tetapi, penggunaan kolagen tambahan ini dapat memberikan dampak yang tidak diinginkan apabila digunakan secara berlebihan dan tidak sesuai dengan ketahanan tubuh Anda. Maka, ada baiknya jika Anda ingin mendapatkan kolagen dengan meminimalisir segala efek samping dari kolagen, Anda dapat memilih untuk mengkonsumsi Buah yang Mengandung Kolagen karena merupakan sumber alami yang memberikan efek baik pada tubuh.

Manfaat Buah yang Mengandung Kolagen untuk Tubuh

Kolagen tambahan yang alami bisa didapatkan dari Buah yang Mengandung Kolagen. Buah memang memberikan segudang manfaat untuk kesehatan tubuh, salah satunya yaitu untuk memenuhi asupan kekurangan kolagen pada tubuh.

Buah-buahan mengandung banyak sekali zat gizi yang baik mulai dari vitamin, mineral, protein nabati, dan masih banyak lagi zat-zat bermanfaat pada buah-buahan. Pada buah-buahan tertentu juga ternyata bisa Anda manfaatkan untuk memenuhi kekurangan kolagen, terutama pada buah-buahan yang banyak mengandung vitamin C.

Pada tubuh terdapat sel mini yang disebut dengan Pro Kolagen, sel inilah yang bertugas mengolah Vitamin-Vitamin dan Protein untuk memenuhi asupan kolagen pada tubuh. Kolagen tambahan terbagi menjadi dua jenis, yaitu yang berasal dari protein hewani dan satu lagi berasal dari protein nabati.

Jika Anda mengalami alergi ataupun tidak dapat mengkonsumsi kolagen tambahan yang berasal dari hewani, maka Anda bisa memanfaatkan Buah yang Mengandung Kolagen untuk menjaga kadar kolagen yang terdapat didalam tubuh. Konsumsi buah juga efek sampingnya sangat kecil sekali dan justru memberikan kesehatan pada tubuh.

pepaya collagen fruit

Macam-Macam Buah yang Mengandung Kolagen

Buah yang Mengandung Kolagen ternyata ada banyak macamnya, berikut adalah buah-buah tersebut :

Jambu Biji

Jambu biji merupakan buah yang mudah untuk ditemukan terutama di Indonesia. Anda dapat menjumpainya di pasar ataupun menanam sendiri dipekarangan rumah. Taukah Anda jika 100 gram jambu biji mengandung 228 mg vitamin C yang ternyata jumlahnya tiga kali lebih besar untuk mencukupi asupan pada tubuh? Jambu biji memang memiliki kandungan vitamin C yang akan memberikan manfaat sebagai penambah asupan kolagen untuk tubuh. Nutrisi pada jambu biji pun tidak perlu diragukan lagi.

Kiwi

Buah kiwi juga merupakan buah yang bermanfaat untuk memenuhi asupan kolagen, karena didalamnya terdapat vitamin C sebesar 92,7 mg pada 100 gram buah. Vitamin ini akan diolah untuk memenuhi kebutuhan tubuh akan kolagen.

Leci

Vitamin C juga terkandung dalam buah leci yang kandungannya sebesar 71,5 mg pada 100 gram buah leci. Kandungan pada leci juga dapat membantu tubuh mendapatkan kolagen tambahan.

Pepaya

Buah yang Mengandung Kolagen selanjutnya adalah pepaya. Pada pepaya terkandung kolagen dan vitamin C sebanyak 61,8 mg dalam setiap 100 gram buahnya. Buah pepaya juga mudah untuk ditemukan terutama di negara Indonesia yang merupakan negara tropis. Nutrisi pada pepaya banyak sekali dan bermanfaat untuk tubuh.

Stroberi

Siapa yang tak mengenal buah mungil dengan warna merah yang cantik ini? Selain memiliki bentuk yang cantik dengan rasa manis bercampur masam, stroberi juga bermanfaat sebagai buah yang memberikan asupan kolagen tambahan untuk tubuh. Vitamin C pada buah ini sebesar 58,8 mg per 100 gram buah yang nantinya akan diolah menjadi kolagen oleh tubuh.

Jeruk

Pada buah jeruk, hampir sekitar 90% dari buahnya terkandung Vitamin C yang dapat diolah menjadi kolagen. Jeruk juga bisa memenuhi kebutuhan harian vitamin C Anda. Vitamin C yang terkandung pada jeruk yaitu sebesar 53,2 mg per 100 gram buahnya. Buah ini juga sangat bermanfaat untuk memberikan asupan kolagen untuk tubuh.
Masih banyak lagi buah-buahan yang mengandung kolagen. Anda juga bisa mendapatkan manfaat kolagen dari hasil olahan buah-buahan tersebut.

Baca Juga :

  1. Beauty Enhancer, Solusi Minuman Kolagen Terbaik

  2. Makanan yang Banyak Mengandung Kolagen Agar Awet Muda

Banner Portico Indonesia