NEWS & UPDATES

Mengenal Pembentukan Kolagen dan 5 Manfaat Kolagen Untuk Kulit Tubuh

23 Februari 2019 , Posted by Admin

Artikel ini sudah di tinjau dan Revisi oleh Dra Med Linda Rahadian MM, MBiomed

Manfaat Kolagen Untuk Kulit

Kesadaran akan manfaat kolagen untuk kulit membuat masyarakat tertarik menggunakannya. Peluang tersebut dilirik pula oleh produsen produk kecantikan hingga makanan dengan memanfaatkan kolagen untuk mengundang target pasar. Namun, apa Anda sendiri sudah tahu proses pembentukan kolagen dan benefitnya terhadap kecantikan kulit?

Kolagen dan pembentukannya dalam tubuh

Secara garis besar, kolagen termasuk jenis protein berserat yang tak larut. Tubuh manusia sendiri telah dirancang untuk memproduksi kolagen dalam jumlah banyak. Pasalnya, senyawa tersebut memegang peran penting untuk organ-organ tubuh seperti kulit, tulang, urat, hingga ligamen supaya tetap kuat dan strukturnya tetap terjaga.

Hal tersebut berkaitan pula dengan asal-usul kata kolagen, yakni kólla atau lem dalam bahasa Yunani. Jika diibaratkan, kolagen bertugas seperti lem yang merekatkan organ-organ tubuh yang disebutkan tadi untuk menunjang performa Anda selama beraktivitas. Protein ini juga bisa dijumpai pada bagian tubuh lainnya seperti gigi, kornea mata, dan pembuluh darah.

Seperti yang telah disinggung, Anda sebenarnya sudah mendapatkan kolagen secara alami. Sejumlah sel khusus yang ada dalam kulit menghasilkan molekul mini yang disebut sebagai pro kolagen. Molekul ini pula yang nantinya akan mengolah protein serta vitamin C yang diserap tubuh dan menghasilkan manfaat kolagen untuk kulit. Setiap molekul pun akan menempel satu sama lain sepanjang produksi berlangsung hingga menciptakan fibril.

Apa itu fibril? Fibril merupakan helai-helai tipis yang tersusun dari vitamin dan mineral yang bentuknya menyerupai benang. Kemudian, fibril bakal berkembang serta berubah jadi serat yang menempel pada sel-sel kulit bak jangkar. Jika bentuk dan posisinya sudah sesuai, fibril akan berperan selaku pendukung struktur kulit dan memberikan elastisitas atau kekenyalan khas untuk Anda.

Menjaga produksi kolagen agar terus stabil

Tubuh manusia memang memproduksi kolagen secara konsisten, tetapi seiring bertambahnya usia, kemampuan tersebut akan menurun. Maka Faktor-faktor eksternal seperti paparan sinar matahari langsung ke kulit hingga polusi berpotensi menghambat produksi senyawa ini. Belum lagi kebiasaan buruk seperti merokok dan minum minuman beralkohol yang sarat kandungan berbahaya bagi tubuh. Lalu seseorang yang kekurangan asupan kolagen biasanya mempunyai kulit kendur, memiliki garis halus, sampai berkeriput. Gangguan kesehatan pun turut berdampak pada penipisan jumlah kolagen.

Oleh karena itu, penting bagi Anda untuk menjaga produksi kolagen supaya stabil. Misalnya dengan menerapkan pola hidup sehat dan mengonsumsi sumber kolagen dari makanan kaya asam amino, tembaga, vitamin A, vitamin C, anthocyanidin, hingga proline. Rutin berolahraga dinilai membantu juga karena lancarnya sirkulasi darah yang meningkatkan produksi kolagen dan menyumbangkan manfaat kolagen untuk kulit.

Manfaat-manfaat kolagen untuk kulit

Setelah mengupas pembentukan dan tip menjaga produksi kolagen, sekarang mari kita simak manfaat protein tak larut ini untuk kulit. Dalam hal ini Anda bisa mengonsumsi kolagen langsung dari sumbernya atau memanfaatkan produk lain seperti suplemen kesehatan yang sudah beredar luas di pasaran. Akan tetapi, pastikan produk kolagen ini sudah mendapatkan sertifikasi dan datang dari produsen profesional.

1. Mengembalikan kelenturan kulit

Ya, kolagen dalam jumlah mencukupi akan membantu sel-sel kulit Anda melakukan regenerasi secara maksimal. Hal inilah yang nantinya mencegah kemungkinan pengeriputan atau pengenduran kulit, sehingga tingkat elastisitasnya tetap terjaga. Artinya, Anda juga akan tampil awet muda berkat kadar kolagen yang selalu stabil. Bagi Anda yang sudah mulai menemukan tanda-tanda penuaan dini, belum ada kata terlambat untuk mengembalikan keremajaan kulit dengan mengonsumsi sumber kolagen.

2. Memudarkan dan menghilangkan bekas luka

Bekas luka seperti goresan, jerawat pecah, atau dari bisul memang mengganggu penampilan. Menutupi dengan make-up juga dinilai kurang optimal dan malah berpotensi memperparah bekas luka tersebut. Salah satu langkah mudah nan alami untuk mengatasi kendala ini adalah menggunakan kolagen. Hal ini disebabkan protein tersebut akan membentuk jaringan baru pada bekas luka dan menutupinya sesuai warna maupun karakteristik kulit Anda.

3. Mengisi kerutan-kerutan pada kulit

Manfaat collagen untuk kulit berikutnya adalah mengisi kerutan-kerutan pada permukaan kulit. Untuk kaum Hawa, kerutan, yang paling halus sekalipun, bisa menurunkan kepercayaan diri mereka. Apalagi kalau kerutan yang muncul sudah dalam, dijamin membuat panik sementara usia mereka belum masuk ke masa senja. Asupan kolagen—dari makanan maupun produk kecantikan—dinilai membantu mengisi kerutan tersebut secara alami dan secara tak langsung meningkatkan kelenturan kulit.

4. Membuat kulit berseri dan bercahaya

Bekerja di luar ruangan meningkatkan peluang kulit cepat kusam dan kotor lebih cepat. Terutama kalau Anda jarang menggunakan proteksi seperti pelembab dan tabir surya. Pasalnya, paparan sinar matahari dan udara kotor berpengaruh terhadap kekuatan kolagen dalam menjaga penampilan maupun kekuatan kulit Anda. Maka dari itu, supaya kulit Anda tetap berseri dan bercahaya, pastikan asupan kolagen harian yang masuk ke tubuh tidak berada di bawah batas normal.

5. Mengurangi selulit di permukaan kulit

Selulit muncul saat jaringan lemak mendesak ke atas hingga menembus serat sampai ke lapisan paling atas kulit Anda. Hasilnya? Kulit Anda bergelombang hingga kurang sedap dipandang. Salah satu langkah yang bisa diambil untuk mengatasinya adalah menjaga asupan kolagen supaya selulit cepat berkurang langsung dan alami dari tubuh. Kemudian, kolagen juga akan mempercepat proses perbaikan maupun regenerasi dari serat-serat di dalam kulit yang sudah terlanjur rusak.

Semoga informasi tentang manfaat collagen untuk kulit di atas membantu Anda menjaga kesehatan kulit!

Baca Juga :

  1. Fungsi Kolagen Untuk Kulit Dan Kesehatan

  2. Kapan Sebaiknya Mulai Mengonsumsi Suplemen Agar Kulit Tidak Keriput ?

Banner Portico Indonesia