NEWS & UPDATES

Tips Memilih Pembersih Wajah untuk Kulit Kering dan Kusam

23 Juli 2019 , Posted by Admin

Artikel ini sudah di tinjau dan Revisi oleh Dra Med Linda Rahadian MM, MBiomed

Pembersih Kulit Wajah Kusam dan Kering

Sebelum membahas lebih jauh tentang pembersih wajah untuk kulit kering dan kusam, perlu dibedakan dulu antara kulit kering dan dehidrasi. Yes, keduanya merupakan kondisi yang berbeda. Dehidrasi terjadi ketika kulit kekurangan air, sedangkan kulit menjadi kering saat kekurangan minyak. Nah, kulit kering biasanya ditandai dengan munculnya rasa gatal, kulit kemerahan, kulit terasa ditarik, hingga beberapa area kulit yang jadi mengelupas.

Kabar baiknya, kondisi tersebut bisa diatasi selama Anda memilih pembersih wajah yang tepat. Yuk, cari tahu beberapa tips berikut ini.

Baca Juga: Bagaimana Cara Membuat Kulit Sehat?

Hindari yang mengandung alkohol

Kulit kering biasanya memiliki kondisi yang cukup sensitif. Oleh sebab itu, Anda disarankan untuk lebih teliti mengetahui bahan-bahaan n yang terkandung dalam suatu produk pembersih wajah. Pastikan agar produk pembersih wajah yang Anda pilih tidak mengandung alkohol maupun pewangi. Kedua kandungan ini rentan memicu iritasi pada kulit kering, yang bisa berujung pada kemerahan.

Namun, mengingat reaksi suatu produk pembersih wajah bisa berbeda di setiap kondisi wajah, ada baiknya Anda juga melakukan riset untuk mencari tahu testimoni dari orang-orang yang sudah menggunakan produk tersebut.

Untuk cleanser, pilih yang berbasis oil atau balm

Agar kulit wajah benar-benar bersih sehingga tidak kusam, Anda wajib melakukan yang namanya double cleansing atau dua tahap membersihkan wajah sebelum lanjut menggunakan produk-produk skincare lainnya. Untuk tahap pertama, ada beberapa opsi yang bisa dipilih untuk membersihkan wajah, mulai dari micellar water, oil cleanser, hingga yang berbentuk balm.

Mengingat kulit kering kekurangan minyak, pilihan terbaik utnuk pembersih wajah untuk kulit kering dan kusam adalah yang berbasis minyak atau dalam bentuk balm. Sedangkan untuk tahap kedua, lanjutkan dengan penggunaan sabun wajah yang ditujukan untuk kulit kering. Pilihlah produk sabun wajah yang memiliki tekstur cenderung creamy.

Pastikan ada kandungan hyaluronic acid

Kunci dari merawat kulit yang kering dan kusam adalah dengan menjaga kelembapannya. Salah satu kandungan produk skincare yang dikenal ampuh dalam melembapkan wajah adalah hyaluronic acid. Saat kulit lembap, maka kulit pun akan terasa lebih kenyal dan tampak lebih glowing.

Tidak hanya itu, hyaluronic acid juga bisa membantu mengencangkan kulit dan mengurangi munculnya garis-garis halus di sekitar mata. Untuk itu, Anda sangat disarankan memilih pembersih wajah untuk kulit kering dan kusam yang mengandung hyaluronic acid ini.

Sebaiknya tidak yang mengandung scrub

Apa pun jenis kulit wajah, eksfoliasi memang disarankan untuk mengangkat sel kulit mati sehingga mencegah kusam. Dari beberapa metode eksfoliasi yang ada, Anda yang berkulit wajah kering tidak disarankan untuk menggunakan produk scrub. Pada kulit kering, scrub bisa lebih rentan memicu iritasi dan membuat kulit jadi semakin kering.

Sebagai gantinya, Anda bisa melakukan eksfoliasi secara chemical, yakni dengan menggunakan produk-produk exfoliating toner. Setelah itu, segera lanjutkan dengan hydrating toner untuk menyeimbangkan pH sekaligus mengembalikan kelembapan kulit wajah Anda.

Selain keempat tips memilih pembersih wajah untuk kulit kering dan kusam tersebut, Anda juga dianjurkan untuk mengimbanginya dari dalam. Anda bisa mengonsumsi suplemen kecantikan kulit berkualitas baik seperti Portico, yang sudah terbukti mampu menjaga kesehatan kulit wajah dengan secara optimal. Dengan begitu, kondisi kulit kering dan kusam pun bisa segera teratasi!