NEWS & UPDATES

Bagaimana Cara Tepat Merawat Kulit Wajah yang Berminyak dan Berkomedo?

23 Juli 2019 , Posted by Admin

Artikel ini sudah di tinjau dan Revisi oleh Dra Med Linda Rahadian MM, MBiomed

merawat kulit berminyak dan berkomedo

Kulit wajah berminyak memang sering kali menimbulkan berbagai macam masalah. Mulai dari jerawat, flek hitam, hingga komedo membandel. Kulit berminyak ini memang tidak bisa diubah karena sudah menjadi bawaan lahir. Namun, bukan berarti berbagai macam masalah kulit berminyak tidak bisa dicegah. Maka dari itu ketahui pembersih wajah untuk kulit berminyak dan berkomedo berikut ini.

Ada berbagai perawatan kulit wajah berminyak yang bisa Anda lakukan. Termasuk juga memilih pembersih wajah untuk kulit berminyak dan berkomedo. Dengan memilih pembersih yang tepat, maka kulit wajah berminyak Anda bisa sedikit lebih terbebas dari masalah. Berikut langkah tepat perawatan kulit wajah berminyak dan berkomedo!

Baca Juga: Kolagen Alami Untuk Wajah

1. Pembersih wajah khusus kulit berminyak

Pembersih wajah untuk kulit berminyak dan berkomedo haruslah yang mengandung AHA, seperti asam sitrat, asam laktat, dan asam glikolat. AHA dapat membantu pengelupasan sel-sel kulit mati serta mengurangi minyak di pori – pori. Jangan sekali-kali memilih sabun pembersih wajah yang terbuat dari krim atau minyak karena akan memperparah masalah di kulit wajah Anda yang berminyak.

Cucilah muka Anda dengan air hangat untuk memaksimalkan pengangkatan minyak di wajah. pastikan untuk membilas wajah sampai bersih setiap kali habis mencuci wajah agar tidak ada cairan sabun yang tertinggal sehingga menyumbat pori dan menimbulkan jerawat atau komedo.

2. Rutin memakai toner

Kulit wajah berminyak Anda juga harus mendapat nutrisi dari toner. Hindari toner yang mengandung alkohol. Sebaliknya, pilih toner dengan kandungan antioksidan dan bahan-bahan yang dapat membantu mengecilkan pori-pori yang besar, penyembuhan kulit, mengurangi peradangan akibat jerawat, dan mengangkat sel-sel kulit mati.

3. Jangan lupakan eksfoliasi

Selain memilih pembersih wajah untuk kulit berminyak dan berkomedo yang tepat, Anda juga harus rutin melakukan eksfoliasi. Perawatan ini akan membantu mengurangi penyumbatan pori oleh sel kulit mati sehingga jerawat dan komedo tidak mudah muncul. Eksfoliasi juga berguna agar kulit halus dan lembut. Terlebih kulit berminyak memiliki lapisan yang dapat dengan mudah dimasuki oleh sel kulit mati.

Bahan untuk eksfoliasi wajah berminyak sebaiknya yang mengandung BHA atau asam salisilat karena zat ini selain mengangkat sel kulit mati di permukaan, juga mengelupaskan kulit yang ada di dalam pori-pori. Hasilnya, kulit wajah Anda akan terasa lega dan segar. Produksi minyak di wajah juga lebih baik dan teratur. BHA yang digunakan secara teratur akan membantu memudarkan ruam merah bekas jerawat.

4. Oleskan tabir surya di pagi hari

Pastikan Anda selalu melindungi kulit wajah dari paparan sinar UV A dan UV B matahari. Malas mengoleskan tabir surya pada kulit wajah yang berminyak hanya akan memperparah kondisnya dan membuat kulit semakin tambah berminyak. Pilihlah tabir surya dengan bahan yang ringan dan gunakan foundation setelahnya dengan kandungan SPF 25 atau bedak dengan SPF 15. Tabir surya akan merawat kulit Anda dan menjauhkannya dari keriput tanda penuaan dini.

5. Pelembap malam hari

Memiliki kulit wajah berminyak bukan berarti Anda tidak memerlukan pelembap di malam hari. Pelembap justru akan mengurangi kelebihan minyak dan meminimalisir wajah terlihat kusam akibat produksi minyak berlebih. Pastikan produk pelembap Anda mengandung AHA yang tidak akan menyumbat pori-pori.

Sebenarnya, merawat kulit wajah berminyak sama saja dengan merawat kulit dengan tipe lainnya. Anda hanya harus mengetahui kandungan yang tepat dari perawatan wajah sehingga tidak memperparah produksi minyak. Satu hal yang harus diingat adalah pembersih wajah untuk kulit berminyak dan berkomedo adalah yang mengandung AHA dan BHA. Semoga tips ini membantu Anda dalam merawat kulit berminyak dan berkomedo, ya!